Honda
New CB150 R (selanjutnya disingkat ncb) adalah motor berjenis sport yang
merupakan motor produksi Astra Honda Motor (AHM). Honda ncb 150 pertama kali di
luncurkan pertengahan tahun 2015 lalu menggantikan motor cb150r generasi
sebelumnya yang berkode k18.
Sejatinya
honda ncb 150r adalah jawaban dari ahm
untuk menghadapi penguasa pangsa sport 150cc yang dipegang yamaha vixion. Ncbr
mengusung pembaharuan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya (k18).
Tampilannya benar-benar baru dan juga penggunaan mesin dan teknologi baru.
Di
kelasnya ncb berhadapan langsung dengan Yamaha New Vixion lightning/ New Vixion
Advance dan Suzuki gsx-s yang baru di awal tahun 2017 ini di luncurkan
Desain,
Fitur dan Ergonomi
Honda
New Cb150 mengusung desain yang benar-benar baru, jauh melompat dari generasi
sebelumnya yang bertampang slim. Desain New Cb150r membesar secara keseluruhan.
Desain bagian depannya menggunakan bentuk lampu tajam meruncing dengan diameter
yang kecil.
Bentuk
tangkinya juga membesar dari generasi sebelumnya dengan kapasitas 12 liter ,
kali ini honda meletakkan tombol kunci di depan tangki seperti halnya yamaha
new vixion. Bentuk shroud di samping depan tangki menambah kesan berotot new
cb150r di tambah lagi tutup tangkinya sudah model tutup rata khas motor sport,
bukan lagi mengadopsi model njendul layaknya motor jadul honda.
Garis
desainnya meruncing sampai ke belakang sampai ke bagian stoplamp yang mengusung
desain runcing kecil menyerupai desain stoplamp honda tiger revo tetapi dengan
dimensi yang di perkecil, lampu seinnya tidak lagi berbentuk prisma model
besar, tetapi sudah berbentuk kotak persegi dengan ujug membulat.
tampilan belakang |
Fitur
honda new cb150r tergolong maju di kelasnya, headlampnya sudah full led baik
itu depan belakang sampai sesinnya sudah menganut led, tetapi yang patut di
sayangkan headlamp depannya kurang fleksibel karena jika motor di gunakan
berboncengan maka sorot lampu depan akan naik layaknya lampu dim (jauh).
Speedometer juga sudah menganut model full digital model kotak persegi tapi
yang patut di sayangkan diameternya termasuk kecil.
Tidak
hanya soal tampilan, akan tetapi rangka yang digunakan di all new cb150r ini
benar2 baru, masih menganut model teralis akan tetapi dibuat lebih rigid dengan
pengaplikasian rangka dudukan mesin depan model aluminium. Pada versi spesial
edition tampilan rangka tampak matching dengan aksen warna merah menyala,
sedang versi standart tetap dilabur warna hitam.
Kaki-kaki
nya juga membesar di banding generasi sebelumnya, dengan mengadopsi velg lebar
250 depan dengan ban 100/80 dan 350 inch ban 130/70 di roda belakang modelnya
pun baru tidak lagi palang 5 seperti sebelumnya tapi menganut palang Y.
Ergonomi
NCB 150R tergolong rileks khas motor streetfighter, akan tetapi posisi stangnya
agak sedikit menundukd dan sedikit lebar, masih nyaman tetapi tidak se rileks
macam old cb.
Secara
keseluruhan tampilannya tidak ada masalah, bahkan sebagian besar biker sudah
mulai menyukai desain kekar ncb150r ini.
Mesin,
Peforma, dan Konsumsi BBM
Beralih
ke sektor dapur pacu, kapasitasnya tetap 150 cc dengan teknologi DOHC, akan
tetapi berbeda dengan generasi DOHC honda sebelumnya mesin DOHC generasi
terbaru honda menganut model mesin square
dengan konfigurasi borexstroke 57,3mmx57,8mm plus RRA (roler rocker arm).
Artinya
honda memperkecil diameter piston tetapi memperbesar ukuran stroke, dengan pola
mesin ini honda berharap karakter mesin DOHC terbarunya ini dapat senyaman
vixion di putara bawah dan menengah. Tenaga yang dihasilkan naik dari versi
sebelumnya yaitu 16,9 PS di 9000 RPM sedangkan torsi yang dihasilkan 13,8
NM putaran mesin 7000 RPM.
Secara
impresi dan peforma mesin ncb150r terasa lebih baik dari old cb150r, akselerasi
atau putaran bawahnya lebih nampol, plus hentakan torsinya lebih terasa,
padahal secara dimensi dan bobot ncb lebih berat dibandingkan old cb150r.
Tidak
hanya itu konsumsi bbm menjadi lebih irit juga, meski thortle body tetap
berukuran 30mm, akan tetapi ternyata konfigurasi dohc square plus RRA lah yang
menjadi sumbangsih terbesar. Bagaimana tidak untuk berakselerasi dan mengail
tenaga maksimum tidak perlu memutar grip gas lebih dalam karena peak power ada
di rpm 9000 lebih rendah dari old cb yang di angka 10500/11000 RPM. Tidak hanya
itu torsi 13,8 NM sudah di dapat di RPM 7000 yang membuat untuk berakselerasi
tidak perlu putaran mesin yang tinggi, imbasnya sudah pasti BBM jadi lebih
efisien.
Konsumsi
bbm ncb150r termasuk irit untuk ukuran sport 1 liternya bisa mencapai 45-50 km,
jauh lebih hemat di banding old cb yang hanya berkisar 35-39 km untuk setiap
liternya
Jadi
ambisi honda dengan mesin dohc square with rra terbukti sukses menggepuk
peforma nvl/nva yang terkenal digdaya di putaran bawah sampai menengah.
Kelemahan
dan Masalah
Akan
tetapi mesinnya bukan tanpa kelemahan, dengan konfigurasi square plus
digunakannya rocker arm untuk perantara noken dengan klep menjadikan putaran
mesinnya tidak setinggi mesin sebelumnya yakni dohc overbore. Bisa di rasakan
jika putara atas ncb150r cenderung flat dan sudah pasti tidak ada kekhasan
overbore yang meledak-ledak di putaran atas.
Tidak
berhenti di situ, jika di dohc overbore pada k18 di dera masalah klotok2 yang
sumber masalahnya ada pada noken as, di dohc square timbul juga suara klotok2
akan tetapi sumber masalahnya kali ini bukan pada noken as melainkan pada LAT
(lifter Assy Tensioner) yang lemah syahwat.
tensioner lemah |
LAT
NCB150r tergolong lemah sehingga tidak mampu mengimbangi beban kerja rantai
keteng, akan tetapi masalah ini bisa di siasati dengan menggunakan tensioner
milik suprax 125/karisma yang lebih kuat, tidak mau repot juga ada solusinya
yaitu klaim garansi.
Tidak
hanya itu ncb150r juga dikabarkan didera masalah kampas kopling yang cepat
hangus/gosong, untuk masalah ini di akibatkan karena house kopling (rumah
kopling) yang seret. Solusinya ? bisa di bubut bagian dalam rumah kopling.
Tidak
hanya masalah di mesin, ncb juga di dera masalah baru, sepeleh memang tapi
cukup mengurangi kenyamanan berkendara. Apa itu ? rantai cepat kendor plus
berisik , masalah ini lebih ke arah kualitas gear set yang kurang bagus,
solusinya bisa ganti pakai produk aftermarket.
Harga
dan Resale Value
Dengan
segala upgrade perubahan di banding sebelumnya tentu saja harga ncb150r naik,
harga new cb150r ada di angka 26 juta rupiah untuk versi standart, dan 27,4
untuk versi spesial edition.
Resale
value atau harga jual ncb150r juga lebih baik dibanding old cb150r hal tersebut
karena ncbr kini di gemari oleh sebagian besar bikers, sehingga di pasar mokas
suply dan demand terjaga yang menjadikan harga pasaran second nya termasuk baik
(tinggi), harga bekas nya ada di angka 18,5 sampai 22 jutaan harga tersebut
tentu saja bergantung tahun, dan kondisi plus daerah karena pajak di tiap
daerah berbeda-beda.
+
Desain Juara
+
Resale Value
+
Image DOHC
+
lampu2 full LED
+
Akselerasi nampol
+
konsumsi bbm irit
+
bengkel melimpah
-
Masalah Klotok2
-
Rantai cepat kendor dan berisik
-
putaran atas flat
-
build quality biasa2 saja
Kesimpulan
Secara
keseluruhan ncb150r sudah jauh lebih baik dibanding old cb, peforma agresif,
tampang bengis dan agresif, plus fitur2 macam lampu2 yang sudah full led.
Konsumsi bbmnya juga lebih irit, tapi meskipun begitu masalah-masalah minor
seperti klotok2, rantai cengdor dan berisik mengurangi kenyamanan, meski bukan
masalah besar dan sudah ada solusinya.
No comments:
Post a Comment