Thursday 18 May 2017

Kelemahan Dan Kelebihan Honda New CB150R (K15G)




Honda New CB150 R (selanjutnya disingkat ncb) adalah motor berjenis sport yang merupakan motor produksi Astra Honda Motor (AHM). Honda ncb 150 pertama kali di luncurkan pertengahan tahun 2015 lalu menggantikan motor cb150r generasi sebelumnya yang berkode k18.

Sejatinya honda ncb 150r  adalah jawaban dari ahm untuk menghadapi penguasa pangsa sport 150cc yang dipegang yamaha vixion. Ncbr mengusung pembaharuan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya (k18). Tampilannya benar-benar baru dan juga penggunaan mesin dan teknologi baru.

Di kelasnya ncb berhadapan langsung dengan Yamaha New Vixion lightning/ New Vixion Advance dan Suzuki gsx-s yang baru di awal tahun 2017 ini di luncurkan


Desain, Fitur dan Ergonomi
Honda New Cb150 mengusung desain yang benar-benar baru, jauh melompat dari generasi sebelumnya yang bertampang slim. Desain New Cb150r membesar secara keseluruhan. Desain bagian depannya menggunakan bentuk lampu tajam meruncing dengan diameter yang kecil.


Bentuk tangkinya juga membesar dari generasi sebelumnya dengan kapasitas 12 liter , kali ini honda meletakkan tombol kunci di depan tangki seperti halnya yamaha new vixion. Bentuk shroud di samping depan tangki menambah kesan berotot new cb150r di tambah lagi tutup tangkinya sudah model tutup rata khas motor sport, bukan lagi mengadopsi model njendul layaknya motor jadul honda.

Garis desainnya meruncing sampai ke belakang sampai ke bagian stoplamp yang mengusung desain runcing kecil menyerupai desain stoplamp honda tiger revo tetapi dengan dimensi yang di perkecil, lampu seinnya tidak lagi berbentuk prisma model besar, tetapi sudah berbentuk kotak persegi dengan ujug membulat.
tampilan belakang

Fitur honda new cb150r tergolong maju di kelasnya, headlampnya sudah full led baik itu depan belakang sampai sesinnya sudah menganut led, tetapi yang patut di sayangkan headlamp depannya kurang fleksibel karena jika motor di gunakan berboncengan maka sorot lampu depan akan naik layaknya lampu dim (jauh). Speedometer juga sudah menganut model full digital model kotak persegi tapi yang patut di sayangkan diameternya termasuk kecil.

Tidak hanya soal tampilan, akan tetapi rangka yang digunakan di all new cb150r ini benar2 baru, masih menganut model teralis akan tetapi dibuat lebih rigid dengan pengaplikasian rangka dudukan mesin depan model aluminium. Pada versi spesial edition tampilan rangka tampak matching dengan aksen warna merah menyala, sedang versi standart tetap dilabur warna hitam.

Kaki-kaki nya juga membesar di banding generasi sebelumnya, dengan mengadopsi velg lebar 250 depan dengan ban 100/80 dan 350 inch ban 130/70 di roda belakang modelnya pun baru tidak lagi palang 5 seperti sebelumnya tapi menganut palang Y.

Ergonomi NCB 150R tergolong rileks khas motor streetfighter, akan tetapi posisi stangnya agak sedikit menundukd dan sedikit lebar, masih nyaman tetapi tidak se rileks macam old cb.
Secara keseluruhan tampilannya tidak ada masalah, bahkan sebagian besar biker sudah mulai menyukai desain kekar ncb150r ini.

Mesin, Peforma, dan Konsumsi BBM
Beralih ke sektor dapur pacu, kapasitasnya tetap 150 cc dengan teknologi DOHC, akan tetapi berbeda dengan generasi DOHC honda sebelumnya mesin DOHC generasi terbaru honda menganut model mesin square dengan konfigurasi borexstroke 57,3mmx57,8mm plus RRA (roler rocker arm).

Artinya honda memperkecil diameter piston tetapi memperbesar ukuran stroke, dengan pola mesin ini honda berharap karakter mesin DOHC terbarunya ini dapat senyaman vixion di putara bawah dan menengah. Tenaga yang dihasilkan naik dari versi sebelumnya yaitu 16,9 PS di 9000 RPM sedangkan torsi yang dihasilkan 13,8 NM  putaran mesin 7000 RPM.



Secara impresi dan peforma mesin ncb150r terasa lebih baik dari old cb150r, akselerasi atau putaran bawahnya lebih nampol, plus hentakan torsinya lebih terasa, padahal secara dimensi dan bobot ncb lebih berat dibandingkan old cb150r.

Tidak hanya itu konsumsi bbm menjadi lebih irit juga, meski thortle body tetap berukuran 30mm, akan tetapi ternyata konfigurasi dohc square plus RRA lah yang menjadi sumbangsih terbesar. Bagaimana tidak untuk berakselerasi dan mengail tenaga maksimum tidak perlu memutar grip gas lebih dalam karena peak power ada di rpm 9000 lebih rendah dari old cb yang di angka 10500/11000 RPM. Tidak hanya itu torsi 13,8 NM sudah di dapat di RPM 7000 yang membuat untuk berakselerasi tidak perlu putaran mesin yang tinggi, imbasnya sudah pasti BBM jadi lebih efisien.

Konsumsi bbm ncb150r termasuk irit untuk ukuran sport 1 liternya bisa mencapai 45-50 km, jauh lebih hemat di banding old cb yang hanya berkisar 35-39 km untuk setiap liternya

Jadi ambisi honda dengan mesin dohc square with rra terbukti sukses menggepuk peforma nvl/nva yang terkenal digdaya di putaran bawah sampai menengah. 

Kelemahan dan Masalah
Akan tetapi mesinnya bukan tanpa kelemahan, dengan konfigurasi square plus digunakannya rocker arm untuk perantara noken dengan klep menjadikan putaran mesinnya tidak setinggi mesin sebelumnya yakni dohc overbore. Bisa di rasakan jika putara atas ncb150r cenderung flat dan sudah pasti tidak ada kekhasan overbore yang meledak-ledak di putaran atas.

Tidak berhenti di situ, jika di dohc overbore pada k18 di dera masalah klotok2 yang sumber masalahnya ada pada noken as, di dohc square timbul juga suara klotok2 akan tetapi sumber masalahnya kali ini bukan pada noken as melainkan pada LAT (lifter Assy Tensioner) yang lemah syahwat.
tensioner lemah
LAT NCB150r tergolong lemah sehingga tidak mampu mengimbangi beban kerja rantai keteng, akan tetapi masalah ini bisa di siasati dengan menggunakan tensioner milik suprax 125/karisma yang lebih kuat, tidak mau repot juga ada solusinya yaitu klaim garansi.

Tidak hanya itu ncb150r juga dikabarkan didera masalah kampas kopling yang cepat hangus/gosong, untuk masalah ini di akibatkan karena house kopling (rumah kopling) yang seret. Solusinya ? bisa di bubut bagian dalam rumah kopling.

Tidak hanya masalah di mesin, ncb juga di dera masalah baru, sepeleh memang tapi cukup mengurangi kenyamanan berkendara. Apa itu ? rantai cepat kendor plus berisik , masalah ini lebih ke arah kualitas gear set yang kurang bagus, solusinya bisa ganti pakai produk aftermarket.

Harga dan Resale Value
Dengan segala upgrade perubahan di banding sebelumnya tentu saja harga ncb150r naik, harga new cb150r ada di angka 26 juta rupiah untuk versi standart, dan 27,4 untuk versi spesial edition.
Resale value atau harga jual ncb150r juga lebih baik dibanding old cb150r hal tersebut karena ncbr kini di gemari oleh sebagian besar bikers, sehingga di pasar mokas suply dan demand terjaga yang menjadikan harga pasaran second nya termasuk baik (tinggi), harga bekas nya ada di angka 18,5 sampai 22 jutaan harga tersebut tentu saja bergantung tahun, dan kondisi plus daerah karena pajak di tiap daerah berbeda-beda.

+ Desain Juara
+ Resale Value
+ Image DOHC
+ lampu2 full LED
+ Akselerasi nampol
+ konsumsi bbm irit
+ bengkel melimpah

- Masalah Klotok2
- Rantai cepat kendor dan berisik
- putaran atas flat
- build quality biasa2 saja

Kesimpulan
Secara keseluruhan ncb150r sudah jauh lebih baik dibanding old cb, peforma agresif, tampang bengis dan agresif, plus fitur2 macam lampu2 yang sudah full led. Konsumsi bbmnya juga lebih irit, tapi meskipun begitu masalah-masalah minor seperti klotok2, rantai cengdor dan berisik mengurangi kenyamanan, meski bukan masalah besar dan sudah ada solusinya.


No comments:

Post a Comment