Monday 15 May 2017

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna




Daihatsu Taruna adalah mobil berjenis SUV di Indonesia yang diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor. Daihatsu Taruna merupakan mobil yang di daulat menggantikan Daihatsu Feroza yang di discontinue saat itu.
Di perkenalkan/ di jual mulai tahun 1999, Taruna mengambil basis desain Daihatsu Terios versi Jepang tetapi dengan sedikit penyesuaian dan perubahan. Tidak heran meski sebagai penerus Feroza, akan tetapi Taruna berbeda total secara keseluruhan, tidak mengikuti bentuk feroza yang kurang cocok di perkotaan, Taruna lebih elegan sehingga cocok sebagai mobil SUV perkotaan.

Eksterior Dan Tipe
Tampilan Daihatsu Taruna masih kental aura mobil SUV 90-an sebenarnya, akan tetapi sudah mulai meninggalkan bentuk mengkotak. Desain taruna  mengikuti kompetitornya macam Kuda maupun Kijang yang sudah mulai memulat (bonet) dan di sisi depan seperti kapsul.

Tampilannya tidak segahar Feroza, karena diperuntukkan untuk pure perkotaan, akan tetapi ground clearance masih tinggi khas SUV.


Di pasaran yang kita ketahui Taruna memang banyak sekali memiliki jenis dan tipe, akan tetapi sebenarnya hanya ada 2 saja yaitu seri/ trim C series dan F series. Trim C series adalah yang pertama kali di jual, untuk kemudian F series menyusul setahun berikutnya.

Perbedaan keduanya ada pada panjang sasis dimana C series adalah seri sasis pendek yang berkonfigurasi kursi 5+ 2 kursi paling belakang saling berhadapan. Lain lagi dengan F series yang memiliki sasis lebih panjang sehingga kursi di dalamnya berkofigurasi 7 seater menghadap ke depan semua.

Tipe C series di pasarkan dengan berbagai macam tipe sesuai dengan tingkatannya ada tipe CL (standar), CX (menengah), dan CSX (mewah) ketiganya menggunakan mesin 1.5 L (1500cc) dan tipe khusus dengan mesin 1.6 L (1600cc) dengan kode CSR di trim C hanya terdapat pilihan AC Single.
tipe fgx sasis panjang
 Baru di trim F terdapat fitur AC double blower, hal ini kemungkinan untuk menyiasati sasis yang lebih panjang, sehingga diharapkan sebaran udara dingin sampai ke kursi belakang. Dalam tipe F series juga terdapat beberapa tipe yaitu FL (standar), FX (menengah), dan FGX (mewah). Sampai bergant nama menjadi terios Taruna tipe F series adalah yang paling panjang dimensinya.

Ada tipe spesial sekaligus sebagai edisi pamungkas sebelum berganti nama menjadi terios, yaitu taruna Oxxy  yang berarti “segar” (oxxy merujuk ke oksigen). Perbedaan ada pada velg yang lebih besar, rear stoplamp, grill depan lebih gagah, fog lamp, dan spoiler atas, tipe Oxxy tersedia baik dalam trim/seri C maupun F.

Interior, Lumayan
Untuk ukuran mobil awal 2000 an interior Taruna tergolong sederhana, akan tetapi di bungkus dengan bahan yang berkualitas, jangan dibandingkan dengan mobil sekelas saat ini, taruna sedikit lebih baik dari segi build quality.
tampilan dashboard
 Setidaknya dengan rivalnya, Taruna bisa sedikit berbangga diri, dashboard tengah lengkap dengan tape dan pengaturan AC, konsol meter pengemudi juga lengkap, stir 3 / 4 spoke, cukup memberi kesan gagah dan mewah Taruna. 

Mesin, Dan Peforma
Sedari diluncurkan dari awal ada dua tipe mesin yang di gunakan daihatsu taruna, pertama kali di luncurkan menggunakan mesin karburator HD-C dengan kapasitas 1600 CC yang merupakan mesin yang sama di balik kap Feroza. Tenaga yang di hasilkan mesin ini mencapai 94 HP (5700 RPM) dengan torsi  127 NM (4800), melihat peak power maupun torsi yang besar di raih di RPM yang tergolong tinggi maka tak heran mesin ini cukup boros BBM.

Mesin Karburator, lebih boros bensin
Sadar akan borosnya konsumsi mesin HD-C, di 2001 melakukan perubahan dengan mengganti sistem pembakaran dengan teknologi injeksi, tapi mesin tetap sama 1600 cc tetapi kode berubah menjadi HD-E, di mesin ini power maupun torsi sedikit meningkat tenaga menjadi 103 HP (6000 RPM), Torsi 134 NM (4800 RPM).akan tetapi mesin HD-E terkenal sering rewel dan rawan mogok saat terkena hujan. Menurut informasi hal ini di karenakan delco terletak di bawah mesin, alhasil saat hujan rawan terkena air, dan menjadi lembab.
mesin full injeksi 1500, lebih irit bbm
Baru selang setahun berikutnya (2002) daihatsu mulai melakukan upgrade besar di sektor mesin, yaitu dengan mengadopsi Injeksi Fuel Elektronic (EFI), serta kapasitas mesin yang di turunkan menjadi 1500 CC dengan kode mesin HE-E, meski lebih irit dan minim masalah di mesin ini, tapi tenaga mengalami penurunan menjadi 98 HP (5800 RPM), dan torsi 127 NM (4500 RPM).

Taruna terkenal akan akselerasi yang cukup inferior, tentu hal ini dikarenakan kompensasi peak power mesin yang tinggi. Belum lagi nafas gigi 1-3 terbilang pendek2, baru di gigi 4 an 5 cukup panjang. Alhasil konsumsi bbm di dalam kota Taruna tergolong boros yaitu berkisar 8-10 km/L., bahkan untuk versi 1600cc karburator ada yang menyebut di perkotaan hanya sampai 5-7 km/L.

Akan tetapi semua terbayar lunas saat digunakan ke luar kota konsumsi bbm bisa mencapai 14-15 /L, belum lagi putaran atasnya cukup bertenaga, cocok untuk touring kata orang-orang.

Handling,
Sebagai SUV perkotaan, bantingan suspensi taruna tergolong keras ketika digunakan menyetir seorang diri, belum lagi koplingnya tergolong lumayan keras bagi yang pertama kali nypopir/ belum terbiasa. Akan tetapi handling sangat pas/ sesuai jika diisi separuh penumpang maupun full load. Ground clearance yang lumayan tinggi tentu membantu melewati jalanan khas Indonesia yang lumayan parah. Belum lagi ruang kabin yang lega untuk tipe F menjadikannya cukup akomodatf mampu memberikan kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudi. 

Harga Daihatsu Taruna
Di pasar mobil bekas, harga daihatsu taruna bervariatif berkisar antara 50-90 jutaan begantung kondisi tentunya, perbedaan harga ada di tipe mesin karbu dan injeksi berkisar 4-6 jutaan, pun demikian dengan tipe mobil juga berpengaruh. Akan tetapi paling mahal ada di 2002 ke atas karena sudah menggunakan mesin injeksi full elektronik, sedang tiper termewah yaitu  oxxy adalah yang paling mahal dan sulit di cari. Menilik harganya memang taruna termasuk ke dalam mobil yang resale value nya tetap terjaga.
tipe oxxy lebih tampilan lebih gahar, harga tetap stabil
 Kesimpulannya daihatsu taruna menjadi pilihan menarik untuk mobil keluarga, pilihan tipe banyak, minim masalah (asal terawat), dan built quality yang bagus adalah alasannya, meskipun begitu bagi anda yang akan meminang alangkah baiknya menganggarkan dana lebih, mengingat mobil ini sudah berusia hampir 20 tahun (keluaran awal). Untuk pilihan terbaik tentu ada di tipe Oxxy selain aksesoris lengkap, toh tampangnya termasuk long lastik untuk ukuran SUV perkotaan.

+ Resale Value terjaga/baik
+ Pilihan tipe banyak
+ Build Quality yang jempolan
+ Ground clearanc tinggi
+ Cocok untuk mobil touring
+ Tampang Long lasting
+ ready premium 

- boros (mesin karburator)
-  kopling keras
- Akselerasi boyo
- rawan mogok (1600 injeksi)
- suspensi keras
- limbung 


2 comments: