Daihatsu
Taruna adalah mobil berjenis SUV di Indonesia yang diproduksi oleh Astra
Daihatsu Motor. Daihatsu Taruna merupakan mobil yang di daulat menggantikan
Daihatsu Feroza yang di discontinue saat itu.
Di
perkenalkan/ di jual mulai tahun 1999, Taruna mengambil basis desain Daihatsu
Terios versi Jepang tetapi dengan sedikit penyesuaian dan perubahan. Tidak
heran meski sebagai penerus Feroza, akan tetapi Taruna berbeda total secara
keseluruhan, tidak mengikuti bentuk feroza yang kurang cocok di perkotaan,
Taruna lebih elegan sehingga cocok sebagai mobil SUV perkotaan.
Eksterior
Dan Tipe
Tampilan
Daihatsu Taruna masih kental aura mobil SUV 90-an sebenarnya, akan tetapi sudah
mulai meninggalkan bentuk mengkotak. Desain taruna mengikuti kompetitornya macam Kuda maupun
Kijang yang sudah mulai memulat (bonet) dan di sisi depan seperti kapsul.
Tampilannya
tidak segahar Feroza, karena diperuntukkan untuk pure perkotaan, akan tetapi
ground clearance masih tinggi khas SUV.
Di
pasaran yang kita ketahui Taruna memang banyak sekali memiliki jenis dan tipe,
akan tetapi sebenarnya hanya ada 2 saja yaitu seri/ trim C series dan F series.
Trim C series adalah yang pertama kali di jual, untuk kemudian F series
menyusul setahun berikutnya.
Perbedaan
keduanya ada pada panjang sasis dimana C series adalah seri sasis pendek yang
berkonfigurasi kursi 5+ 2 kursi paling belakang saling berhadapan. Lain lagi
dengan F series yang memiliki sasis lebih panjang sehingga kursi di dalamnya
berkofigurasi 7 seater menghadap ke depan semua.
Tipe
C series di pasarkan dengan berbagai macam tipe sesuai dengan tingkatannya ada
tipe CL (standar), CX (menengah), dan CSX (mewah) ketiganya menggunakan mesin
1.5 L (1500cc) dan tipe khusus dengan mesin 1.6 L (1600cc) dengan kode CSR di
trim C hanya terdapat pilihan AC Single.
tipe fgx sasis panjang |
Baru
di trim F terdapat fitur AC double blower, hal ini kemungkinan untuk menyiasati
sasis yang lebih panjang, sehingga diharapkan sebaran udara dingin sampai ke
kursi belakang. Dalam tipe F series juga terdapat beberapa tipe yaitu FL
(standar), FX (menengah), dan FGX (mewah). Sampai bergant nama menjadi terios
Taruna tipe F series adalah yang paling panjang dimensinya.
Ada
tipe spesial sekaligus sebagai edisi pamungkas sebelum berganti nama menjadi
terios, yaitu taruna Oxxy yang berarti
“segar” (oxxy merujuk ke oksigen). Perbedaan ada pada velg yang lebih besar,
rear stoplamp, grill depan lebih gagah, fog lamp, dan spoiler atas, tipe Oxxy
tersedia baik dalam trim/seri C maupun F.
Interior,
Lumayan
Untuk
ukuran mobil awal 2000 an interior Taruna tergolong sederhana, akan tetapi di
bungkus dengan bahan yang berkualitas, jangan dibandingkan dengan mobil sekelas
saat ini, taruna sedikit lebih baik dari segi build quality.
tampilan dashboard |
Setidaknya
dengan rivalnya, Taruna bisa sedikit berbangga diri, dashboard tengah lengkap
dengan tape dan pengaturan AC, konsol meter pengemudi juga lengkap, stir 3 / 4
spoke, cukup memberi kesan gagah dan mewah Taruna.
Mesin,
Dan Peforma
Sedari
diluncurkan dari awal ada dua tipe mesin yang di gunakan daihatsu taruna,
pertama kali di luncurkan menggunakan mesin karburator HD-C dengan kapasitas
1600 CC yang merupakan mesin yang sama di balik kap Feroza. Tenaga yang di
hasilkan mesin ini mencapai 94 HP (5700 RPM) dengan torsi 127 NM (4800), melihat peak power maupun
torsi yang besar di raih di RPM yang tergolong tinggi maka tak heran mesin ini
cukup boros BBM.
Mesin Karburator, lebih boros bensin |
Sadar
akan borosnya konsumsi mesin HD-C, di 2001 melakukan perubahan dengan mengganti
sistem pembakaran dengan teknologi injeksi, tapi mesin tetap sama 1600 cc
tetapi kode berubah menjadi HD-E, di mesin ini power maupun torsi sedikit
meningkat tenaga menjadi 103 HP (6000 RPM), Torsi 134 NM (4800 RPM).akan tetapi
mesin HD-E terkenal sering rewel dan rawan mogok saat terkena hujan. Menurut
informasi hal ini di karenakan delco terletak di bawah mesin, alhasil saat hujan
rawan terkena air, dan menjadi lembab.
mesin full injeksi 1500, lebih irit bbm |
Baru
selang setahun berikutnya (2002) daihatsu mulai melakukan upgrade besar di
sektor mesin, yaitu dengan mengadopsi Injeksi Fuel Elektronic (EFI), serta
kapasitas mesin yang di turunkan menjadi 1500 CC dengan kode mesin HE-E, meski
lebih irit dan minim masalah di mesin ini, tapi tenaga mengalami penurunan
menjadi 98 HP (5800 RPM), dan torsi 127 NM (4500 RPM).
Taruna
terkenal akan akselerasi yang cukup inferior, tentu hal ini dikarenakan kompensasi
peak power mesin yang tinggi. Belum lagi nafas gigi 1-3 terbilang pendek2, baru
di gigi 4 an 5 cukup panjang. Alhasil konsumsi bbm di dalam kota Taruna
tergolong boros yaitu berkisar 8-10 km/L., bahkan untuk versi 1600cc karburator
ada yang menyebut di perkotaan hanya sampai 5-7 km/L.
Akan
tetapi semua terbayar lunas saat digunakan ke luar kota konsumsi bbm bisa
mencapai 14-15 /L, belum lagi putaran atasnya cukup bertenaga, cocok untuk
touring kata orang-orang.
Handling,
Sebagai
SUV perkotaan, bantingan suspensi taruna tergolong keras ketika digunakan
menyetir seorang diri, belum lagi koplingnya tergolong lumayan keras bagi yang
pertama kali nypopir/ belum terbiasa. Akan tetapi handling sangat pas/ sesuai
jika diisi separuh penumpang maupun full load. Ground clearance yang lumayan
tinggi tentu membantu melewati jalanan khas Indonesia yang lumayan parah. Belum
lagi ruang kabin yang lega untuk tipe F menjadikannya cukup akomodatf mampu
memberikan kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudi.
Harga
Daihatsu Taruna
Di
pasar mobil bekas, harga daihatsu taruna bervariatif berkisar antara 50-90
jutaan begantung kondisi tentunya, perbedaan harga ada di tipe mesin karbu dan
injeksi berkisar 4-6 jutaan, pun demikian dengan tipe mobil juga berpengaruh.
Akan tetapi paling mahal ada di 2002 ke atas karena sudah menggunakan mesin
injeksi full elektronik, sedang tiper termewah yaitu oxxy adalah yang paling mahal dan sulit di
cari. Menilik harganya memang taruna termasuk ke dalam mobil yang resale value
nya tetap terjaga.
tipe oxxy lebih tampilan lebih gahar, harga tetap stabil |
Kesimpulannya
daihatsu taruna menjadi pilihan menarik untuk mobil keluarga, pilihan tipe
banyak, minim masalah (asal terawat), dan built quality yang bagus adalah
alasannya, meskipun begitu bagi anda yang akan meminang alangkah baiknya
menganggarkan dana lebih, mengingat mobil ini sudah berusia hampir 20 tahun
(keluaran awal). Untuk pilihan terbaik tentu ada di tipe Oxxy selain aksesoris
lengkap, toh tampangnya termasuk long lastik untuk ukuran SUV perkotaan.
+
Resale Value terjaga/baik
+
Pilihan tipe banyak
+
Build Quality yang jempolan
+
Ground clearanc tinggi
+
Cocok untuk mobil touring
+
Tampang Long lasting
+
ready premium
-
boros (mesin karburator)
- kopling keras
-
Akselerasi boyo
-
rawan mogok (1600 injeksi)
-
suspensi keras
-
limbung
klik link di atas mobil mewah cuman 70jt
ReplyDeleteklik link di atas
ReplyDelete