Monday 15 May 2017

Kelemahan dan Kelebihan Daihatsu Ayla




 Daihatsu Ayla adalah mobil city car asli buatan Indonesia, desainernya adalah Mark Widjaja yang merukan warga negara Indonesia. Daihatsu Ayla pertama kali muncul di ajang pameran otomotif Indinesia Internasional Motor Show 2012 silam.

Selang kurang lebih satu tahun kemudian Ayla resmi di jual di Indonesia bersamaan dengan program pemerintah mengenai mobil LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah. Daihatsu Ayla merupakan mobil produksi pabrikan Astra Daihatsu Motor yang juga memproduksi Toyota Agya, keduanya merupakan mobil pengembangan/ hasil kerjasama Toyota dan Daihatsu layaknya Xenia dan Avanza.

Di segmen city car LCGC ayla mempunyai beberapa saingan di antaranya Toyota Agya, Datsun Go Panca, Suzuki Wagon R, dan Honda Brio Satya. Ayla tercatat sebagai yang paling murah saat itu karena varian terendahnya dimulai dari harga kisaran 80 jutaan. 


Eksterior & Interior
Sebagai mobil city car kelas lcgc yang berharga murah karena mendapat keringanan pajak sudah pasti tampilannya sederhana. Bahkan dibanting versi prototype dengan versi produksi perbedaannya sangat signifikan. Akan tetapi meski murah, tampilannya mampu bersaing dengan mobil city car di atasnya.
 Grill depan membulat dengan akses krom di beberapa bagian, spion dengan bentuk yang menyerupai daihatsu xenia (ayla tipe menengah) menjadikkannya tampak tidak murahan. Kaca depannya cukup besar sedangkan kaca samping dari depan ke belakang berdesain shape mengecil ke belakang. Tampilan belakangnya pun cukup bagus dengan kaca belakang yang lumayan lega untuk mobil lcgc serta bumper yang cukup besar memeluk body (trim menengah).
tampilan dalam sporty
 Beralih ke Interior, meski dashboard tengah bahan plastik keras, akan tetapi desainnya cukup unik dengan aksen warna silver dan kombinasi warna hitam di beberapa titik. Bahkan dashboard tengah lebih bagus dari pada rival-rivalnya. 

Lain halnya dengan jok pengemudi maupun penumpang yang terasa keras, hal itu dikarenakan busa jok yang tipis, sangat tidak nyaman digunakan saat berkendara dalam waktu yang lama. Head rest di depan yang menyatu dengan jok juga menjadi sisi minus, meskipun untuk ukuran postur 165 cm memadai, tapi jika lebih dari itu kepala tidak akan tersangga dengan sempurna.
kabin tergolong lega
 Meskipun begitu ruang kabin yang lega di kelasnya setidaknya mengurangi gerah dari permasalahan tempat duduk, ya ukuran kabin ayla tergolong cukup lega untuk di isi 3 orang di bagian belakang, bukan yang terlega, tapi setidaknya penumpang tidak akan berdesakan di dalam. Begitu juga bagian bagasinya, bukan yang terbesar, tapi lebih besar dibanding Agya sekalipun.

Mesin dan Konsumsi bbm
Ayla menggunakan mesin 1.0L (1000cc) dengan kode 1KR-DE berkonfigurasi 3 silinder yang sudah Injeksi dan menganut DOHC. Tenaga yang dihasilkan adalah 64 HP di putaran mesin 6.000 RPM, sedangkan torsinya 86 NM di 3600 RPM semua tenaga yang di hasilkan disalurkan ke roda depan (FWD). Mesin tersebut di kawinkan dengan pilihan transmisi 5 percepatan manual atau 4 percepatan matic yang hanya ada di varian tertinggi).

kurang impresif tapi cukup efisien
 Meskipun tenaganya terbilang kecil, akan tetapi dengan bobot mobil yang kurang lebih hanya 0,8 ton ayla cukup nyaman di kemudikan, hanya sekadar catatan saja mengenai akselerasinya yang tergolong boyo untuk ukuran lcgc  jadi tidak disarankan menyalip menggunakan ayla di kecepatan menengah dan tinggi. 

Tetapi jika hanya di gunakan di perkotaan  ayla sudah lebih dari cukup, karena dengan mesin yang tidak terlalu besar plus body yang ringan akan sangat mudah mengendalikan di perkotaan, selap-selip di kecepatan rendah adalah kekuatan ayla.

Meski akselerasi boyo dan peforma pas-pasan, tapi kompensasi dari hal tersebut adalah konsumsi bbm yang luar biasa, di jalan tol atau keluar kota sebelah dengan kecepatan konstan, ayla sanggup mencapat 18-20 km/ L, sedangkan di dalam kota berkisar 9-14 km/L.

 Handling Dan Performa
Handling daihatsu ayla sudah cukup nyaman sebenarnya untuk ukuran lcgc, hanya dengan mesin 3 silinder yang memiliki ciri khas getaran mesin yang cukup terasa akan sedikit menganggu kenyamanan.

Akan tetapi jika hanya digunakan di perkotaan tentu bukan masalah yang besar karena bobotnya yang ringan cukup membantu menutupi peforma mesin yang inferior. Digunakan sendiri cukup nyaman, akan tetapi jika dalam keadaan full load orang dewasa handling akan terasa menurun drastis, wajar saja ini bukan suv atau mpv tapi city car dengan mesin 1000cc yang idealnya untuk 2 orang dewasa di depan sedangkan bangku belakang di isi anak2.

Harga
Ayla tersedia dengan 3 pilihan varian yaitu D, M, X. Tipe D merupakan yang terendah sedang M menengah, dan X adalah yang paling mewah. Untuk harga jual bekasnya harga ayla cukup murah, berkisar 60 jutaan di tipe terendah sampai 90 jutaan untuk tipe paling tinggi tinggal sesuaikan budget saja saat membeli ayla, hanya saja di sarankan memang untuk kenyamanan serta kelengkapan fitur dan keselamatan sebaiknya pilih tipe M atau X, hal itu dikarenakan tipe D fitur yang di bawa sangat minim.

Kesimpulannya, daihatsu ayla adalah pilihan menarik untuk segmen city car, meski lcgc tapi dengan segela kelamahan dan kelebihan yang di tawarkan masih sangat worth it, konsumsi bbm yang irit plus dimensi yang compact adalah kelebihan yang di tawarkan.

+ harga murah
+ Irit BBM
+ Layanan service banyak
+ resale value baik
+ kabin lega
+bagasi luas

- jok keras / busa tipis
- kualitas interior
- getaran mesin
- akselerasi loyo

No comments:

Post a Comment