daihatsu xenia Li |
Daihatsu
Xenia pertama kali di kenalkan akhir tahun 2003 silam, Xenia merupakan mobil
jenis MPV yang dirancang dan diproduksi oleh Grup Astra yaitu Astra Daihatsu
Motor dan TAM (Toyota Astra Motor). Maka dari itu dari pengembangan mobil ini
ada 2 jenis mobil yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai raja mobil terlaris
saat ini yaitu toyota Avanza.
Sedari
awal di luncurkan bersama Avanza, Daihatsu xenia sudah di dapuk sebagai mobil
keluarga dengan harga terjangkau (saat itu), dan terbukti keduanya sukses
besar, baik itu Avanza maupun Xenia menjadi mobil yang sangat laris di pangsa
pasar mobil tanah air. Akan tetapi Xenia merupakan mobil yang spesifikasinya di
bawah Avanza perbedaan keduanya ada di kelengkapan eksterior, interior, fitur,
dan penggunaan mesin. Akan tetapi secara basis memang sama karena memang Xenia
dan Avanza adalah duo mobil yang dilahirkan dari raksasa otomotif Astra.
Di
segemen MPV rival atau pesaing xenia di antaranya Avanza, Mitsubishi Kuda,
Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Honda Mobilio.
Generasi
Xenia
Generasi
Pertama (2003-2011)
Daihatsu
Xenia generasi pertama di perkenalkan di Indonesia dengan 3 tipe utama yaitu
Mi,Li,Xi. Letak perbedaan ketiga tiper tersebut adalah pada bagian mesin, tipe
Mi dan Li menggunakan mesin 1 Liter (1000cc), sedangkan Xi menggunakan mesin
1.3 Liter (1300cc). Pada varia Mi dan Li perbedaan utama antara keduanya adalah
tidak ada power sterring di varian terendah (Mi), pun dengan velgnya varian Mi
masih menggunakan velg kaleng (velg kaleng di tutup dengan tutup roda).
Sedangkan
di varian tertinggi yaitu Xi selain perbedaan utama ada di mesin, juga
transmisi yang digunakan ada pilihan transmisi matic 4 percepatan disamping
tersedia juga pilihan transmisi manual 5 percepatan. Selain itu sespensi antara
tipe juga berbeda, pada daihatsu xenia tipe Li dan MI menggunakan suspensi
depan Mac Pherson Strut tanpa
stabilizer, sedangkan tipe Xi terdapat stabilitzer suspensi.
Selain
itu pembeda antar tipe di daihatsu xenia juga ada pada seperti aksesoris
seperti velg, bumper untuk pembeda aksesoris ini ada perbedaan tipe yaitu plus,
deluxe, famili, dan sporty.
Dalam
rentang waktu 8 tahun (2003-2011), setidaknya daihatsu xenia telah mengalami 2
kali minor facelift, akan tetapi
perbedaan antara model prefacelift deangan facelift tidak terlalu signifikan,
hanya terletak pada aksen grill depan saja yang lebih ada lekukan di model
facelift, kemudian juga model lampu belakang dari yang sebelumnya menganut
model kristal model buram menjadi kristal model bening.
Tapi
di sektor mesin untuk model facelift (2007) terdapat teknologi baru yang di
sematkan yaitu vvti (variable valve timing) atau bahasa sederahana pengaturan
buka tutup klep (valve) yang lebih variatif.
buritan generasi pertama |
Generasi
Kedua 2011- Sekarang
Pada
Daihatsu Xenia generasi kedua ini perubahan cukup banyak dilakukan Daihatsu,
termasuk juga dimensi body yang lebih besar (lebar) dengan beberapa lekukan di
beberapa sisi, tapi secara tampilan total memang tidak banyak berubah.
Daihatsu
xenia generasi kedua, tersedia 4 pilihan tipe utama yaitu tipe D dan M untuk
mesin 1 Liter (1000cc), sedangkan mesin 1.3 liter (1300 cc) ada pada tipe X dan
R yang merupakan tipe tertinggi. Akan tetapi transmisi otomatis hanya ada pada
tipe R. Penambahan fitu yang cukup signifikan di generasi kedua ini adalah
telah menggunakan AC double blower seperti pada avanza generasi pertama.
Selebihnya mesin masih sama, dan hanya berbeda pada kelengkapan dan bentuk
aksesoris yang lebih fresh dari pada generasi sebelumnya.
Interior
dan fitur
Sebagai
sebuah mpv murah kala itu wajar jika kualitas interior pada daihatsu xenia
terkesan apa adanya. Material plastik keras ada di hampir seluruh ruang kabin,
lupakan head unit, hanya ada pilihan tape, dan di konsol tengah ada pengaturan
ac yang model puter-puteran. Pun begitu di sektor pengemudi tidak ada opsi stir
adjustable, yang ada hanya stir model fix bahkan di trim terendah gen 1 (mi)
minus power stering.
Untung
saja ruang kabin interior terasa lega
meski menganut model 3 baris 7 seater, dimana pada baris ketiga bangkunya bisa
di lipat ke depan guna mendapatkan ruang bagasi ekstra besar. Selebihnya tidak
ada yang istimewa.
Mesin,
Peforma dan Konsumsi BBM
pilihan mesin daihatsu xenia |
Terdapat
dua pilihan mesin pada daihatsu xenia yaitu 1 liter dan 1.3 liter keduanya
mesin bensin. Mesin 1.0 liter (1000cc) memiliki konfigurasi 3 silinder yang
sudah menganut sistem DOHC 12 katup (4 katup per silinder). Mesin dengan kode
EJ-DE ini menghsilkan tenaga yang terbilang kecil yaitu hanya 56 HP pada 5200
RPM dan torsi yang dihasilkan 90 NM pada 3600 RPM.
Barulah
setelah mengalami facelift (2007) daihatsu membekali mesin 1 liter ini dengan
teknologi VVT-i seperti toyota avanza, yang menjadikan tenaganya naik menjadi
62 HP tetapi di raih di putaran mesin yang lumayan tinggi untuk sebuah MPV
yaitu 5600 RPM, sedangkan torsi tidak mengalami kenaikan alias tetap sama, kode
mesin 1000 cc VVT-i ini juga berubah menjadi EJ-VE.
Semenjak
daihatsu meluncurkan sigra tahun lalu, secara resmi xenia varian mesin 1000
tidak lagi di jual, karena disamping secara harga lebih mahal, juga untuk
menaikkan kasta daihatsu xenia di atas sigra.
Berikutnya
terdapat mesin 1300 cc berkonfigurasi 4 silinder 16 katup DOHC, antara mesin
1000 cc dengan 1300 cc sebenarnya ukuran piston (bore) sama yaitu 72mm, tetapi
di mesin 1300 stroke lebih kecil karena konfigurasi mesin menganut 4 silinder.
Tenaga yang di hasilkan adalah 85 HP (6000 RPM) dan torsi 116 NM (3200 RPM).
Baru di versi facelift dengan VVT-i tenaga naik menjadi 92 HP di RPM yang sama
sedangkan torsi 120 NM di 4400 RP.
Baik
mesin 1L atau 1.3 di lengkapi transmisi manual 5 kecepatan , dan 4 percepatan
untuk transmisi matic (hanya di varian tertinggi 1.3L) konsumsi bbm xenia baik varian mesin 1L atau
1.3 konsumsi bbm berkisar antara 9-10 KM/ L (dalam kota) dan luar kota mencapai
10-14 KM/ L.
Meski
varian 1000cc lebih kecil, bukan berarti lebih hemat bahan bakar, hal ini
disebabkan putaran mesin 1000cc lebih tinggi dibanding 1300cc untuk
menghasilkan tenaga yang sama. Meski begitu itu juga bergantung dengan kondisi
jalan, muatan, dan kebiasaan mengemudi.
Meskipun
begitu, kelebihan utama daihatsu xenia tetap pada mesin, meskipun mesinnya
tergolong mesin lama tetapi tercatat minim masalah, tidak ada gejala ngelitik
seperti kompetitornya, dan bisa minum premium karena xenia dan avanza di
setting untuk bahan bakar bensin dengan oktan terendah di Indonesia.
Pun
dengan sparepart yang telah tersedia di banyak bengkel di seluruh Indonesia. Di
samping itu Daihatsu Xenia menganut sistem penggerak RWD (rear wheel drive/
penggerak roda belakang) yang di klaim lebih cocok dan sesuai dengan kondisi
jalan Indonesia yang tidak begitu mulus.
Handling
7 seater |
Lain
halnya dengan hadling yang banyak di soroti sebagai sektor terlemah xenia,
dalam keadaan minim penumpang (hanya supir) xenia limbung di kecepatan tinggi
serta tidak nyaman dikemudiakan. Meski sempat ada isu sebagai mpv paling sering
kecelakaan, tentu tidak demikian adanya karena skill mengemudi juga sangat
berpengaruh.
Harga
Jual Daihatsu Xenia
Bisa
dibilang di samping avanza, harga jual xenia termasuk stabil, karena memang
xenia dan avanza 11-12. Untuk keluaran awal di mulai dari 60-70jutaan, dan gen
2 berkisar mulai 100 jutaan, tentu saja bergantung tempat dan kondisi, serta
kelengkapan kendaraan.
Kesimpulannya,
daihatsu xenia merupakan pelopor mobil keluarga murah, meski harga barunya kini
tidak lah murah, tapi tetap layak untuk dibeli. Kelebihan utama mobil ini ada
di mesinnya yang bandel, penggerak roda belakang (rwd), sparepart yang
melimpah, irit bahan bakar, dan pajak yang murah untuk ukuran mpv. Sedangkan
kelemahannya ada di image daihatsu di Indonesia, fitur apa adanya, plat body
tipis, dan handling yang limbung di kecepatan tinggi.
+
harga murah
+
RWD
+
Pajak Murah
+
Sparepart melimpah (banyak pilihan)
+ Irit
BBM
-Limbung
di Kecepatan Tinggi
-Plat
Body Tipis
-Image
Daihatsu di Indonesia
-Minim
Fitur
klik link di atas baca kelemahan avanza
ReplyDeleteNissan X-Trail 2021 Sudah hadir mewah dan canggih
ReplyDeletekunjungi youtube channek kami
ReplyDelete