Monday 15 May 2017

Kelemahan dan Kelebihan Daihatsu Sigra


lcgc pure 7 seater

Daihatsu Sigra adalah mobil mini mpv murah yang di produksi oleh Astra Daihatsu Motor tahun 2016. Seperti halnya Avanza-xenia, ayla-agya, begitu juga dengan Sigra yang juga merupakan kolaborasi dengan toyota. Strateginya pun hampir sama dengan xenia-avanza maupun ayla-agya, dimana bentuk keduanya identik, akan tetapi banderol daihatsu lebih terjangkau sedangkan seperti biasay toyota memposisikan Calya lebih mahal dibanding Sigra, tentu dengan beberapa perbedaan dan kelengkapan aksesoris.

Lahirnya Daihatsu Sigra juga tidak terlepas dari permintaan pasar yang menginginkan mobil murah kelas lcgc (low cost green car) tetapi dengan daya tampung yang lebih besar yaitu 7 orang. Datsun adalah pemain pertama lcgc 7 seater dengan Go + Panca, meskipun begitu sebenarnya Go + panca bukanlah 7 seater murni, tetapi lebih tepat di sebut 5+2, karena 2 seater bangku belakang sangat sempit jika diisi oleh orang dewasa, bahkan remaja sekalipun.


Untuk itulah di 2016 Daihatsu Sigra diperkenalkan pertama kali di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Motor Show), dan selang beberapa bulan sudah resmi di jual di tanah air. Sigra yang secara harfiah berarti “respon cepat” (bahasa Sansekerta) seakan adalah jawaban daihatsu untuk menghadapi datsun go + panca, untuk itu Sigra di buat. Garis desainnya memang dari ayla yang di resize lebih panjang, sehingga mampu memuat murni 7 orang penumpang.   

Sebagai mobil yang lebih terjangkau daripada Calya, tentu Sigra tersedia dalam berbagai macam tipe dan 2 varian mesin, dimana tipe termurah menggunakan mesin 1000cc dan tipe termahal menggunakan mesin 1200cc bukan lagi mesin 3 silinder yang di bore up, akan tetapi mesin 1200cc 4 silinder basis yang sama seperti yang digunakan toyota etios valco. Tidak hanya itu Sigra tersedia dalam 10 varian trim kemewahan, dengan 2 pilihan mesin dan 2 pilihan transmisi manual 5 speed atau matic 4 speed yang hanya ada di varian mesin 1200cc.
tampilan depan
Dengan harga yang bersaing, Sigra tidak hanya di gadang-gadang melengserkan Datsun go+, akan tetapi juga mampu bersaing dengan mobil sekelas lain , tidak heran semenjak di luncurkan Sigra bukan hanya menekuk angka penjualan Go+ tetapi sudah mampu menyalip angka penjualan Xenia, yang bertahun-tahun konsisten di posisi runner up di bawah Avanza.

Desain Dan Interior
Secara desain Sigra menganut garis desain yang lebih agresif dari pada pesaingnya, dengan guratan lengkungan garis tajam di depan. Grill depan sudah beraksen chrome (tipe menengah & tertinggi) dengan garis horizontal melengkung plus dikombinasikan lampu model new daihatsu xenia menjadikannya lebih ganteng di banding datsun go+ panca. Meskipun berbasis ayla tetapi dari depan lebih baik dibanding ayla, belum lagi bumper depan plus foglamp yang berdesain shape menyamping menambah aura kemewahan.

Beralih ke bagian samping sampai ke belakang, garis desainnya sudah membuang jauh-jauh ayla, bahkan cenderung mirip toyota all new kijang Inova versi kecil. Hal tersebut bisa di lihat dari garis kaca tengah sampai ke pilar kaca belakang yang menyempit tetapi tidak kecil, sehingga secara kasat mata saja seperti Inova versi kecil.
samping ke belakang mirip all new kijang inova
Pada bagian belakang stoplamp yang digunakan bewarna merah kombinasi lampu sein putih, keduanya dikombinasikan berbentuk huruh L terbalik ditambah list chrome di atas dudukan plat nomor. Hanya bumper belakang terkesan cungkring/ kecil menjadikkannya sedikit kurang pas, tetapi adanya sensor parkir 3 titik di belakang menambah keamanan berkendara.

Beralih ke dalam kabin, tampilan dashboar Daihatsu Sigra terkesan modern dengan beberapa aksen lekukan di beberapa bagian dengan kombinasi warna hitam bahkan di tipe tertinggi bagian samping kiri dashboar terdapat kombinasi warna silver, bisa dibilang desain dashboard jauh melompat dibanding ayla sekalipun.
dashboard atraktif
Kelengkapan dashboard cukup atraktif, kali ini Sigra meletakkan tuas transmisi di dashboard depan bersebelahan dengan stir, baik manual maupun otomatis letaknya sama. Kemudian di tengah ada head unit single din, plus lubang ac depan di kanan-kiri head unit. Sedangkan tombol ac masih model puter-puteran yang terletak di sebelah kiri tuas tranmisi. Akan tetapi sesuai harga material yang digunakan adalah plastik keras yang terkesan murahan.

Beralih ke bagian pengemudi, konsol MID cukup lengkap ada Speedometer, Takometer, Bensin, Plus indikator kondumsi bahan bakar, Stir yang di gunakan pada tipe tertinggi sama seperti milik daihatsu xenia dengan model 3 spoke.

Beralih ke jok depan yang masih minus headrest alias model menyambung seperti ayla, kemudian beralih ke baris kedua dimana leegroomnya tergolong cukup lega plus busa jok yang digunakan sedikit lebih tebal dibanding ayla, asyiknya lagi posisi duduk bisa di geser maju-mundur, di baris ke dua ada headrest di kanan dan kiri, sedangkan tengah nihil.
legroom
Beranjak ke baris ketiga, leegroom yang tersedia cukup sempit, tetapi lebih manusiawi dibandingkan kompetitornya yakni datsun go+, penumpang di baris ketiga juga di sediakan seatbelt 2 titik dengan opsi headrest pada tipe menengah dan teratas plus cupholder di samping kanan dan kiri. Bagasi belakang Sigra tergolong cukup luas dengan volume 260 liter cukup untuk memuat beberapa tas, mau lebih luas ? , bisa melipat bangku baris ketiga dan bagasi akan lebih luas dengan kapasitas hingga 500 liter. 
Blower Angin/ Air Circulation
Daihatsu Sigra tidak hanya dilengkapi AC single blower, akan tetapi di baris kedua terdapat blower yang terletak di bagian atas. Blower ini bukan ac double blower, tetapi kipas blower yang berguna mengarahkan hembusan angin dari ac depan ke bagian tengah sampai ke belakang.

Mesin Dan Peforma
Mesin 1000cc 3 silinder VVT-i  adalah yang digunakan pada tipe terendah (termurah) daihatsu Sigra dengan output daya 65 HP pada 6000 RPM sedang torsi yang dihasilkan 89 NM di 4400 RPM, mesin ini sama seperti yang digunakan pada daihatsu ayla. Akan tetapi dengan body yang lebih bongsor plus sudah pasti lebih berat menjadikan Sigra dengan mesin 1000 cc sangat lambat dalam hal akselerasi.
sebaiknya pilih yang 1200cc
Baru di mesin 1200cc Sigra tampak di tidak terlalu lambat, karena mesin 1200cc sudah berkonfigurasi 4 silinder yang keluaran tenaganya mencapai 89 HP pada 6000 RPM plus torsi puncaknya mencapai 108 NM di 4200 RPM mesin ini 1200 cc ini adalah mesin yang sama digunakan di Toyota Etios Valco, meskipun begitu dengan konfigurasi 4 silinder getaran yang dihasilkan lebih minim, plus dengan teknologi dual VVT-i menjadikannya lebih hemat  bahan bakar.

Transmisi yang digunakan ada pilihan manual 5 speed dan otomatis 4 speed, khusus di sigra mesin 1000cc hanya ada pilihan transmisi manual. Tenaga yang dihasilkan mesin di salurkan ke roda depan. 

Impresi Dan Handling
Meskipun berharga murah impresi berkendara daihatsu sigra terasa impresif, suspensinya terasa lembut kerja bantingannya, hal itu karena pada bagian depan suspensinya sudah independen, sedangkan bagian belakang semi independe. Bisa dikatakan bantingannya lembut lebih baik dari xenia sekalipun, saat digunakan mengemudi berkat pengaturan yang pas menjadikan body roll bisa di minimalisir.
kondisi full load
Akan tetapi masalah timbul saat di gunakan dengan muatan full 7 penumpang, dimana sudah banyak yang mengeluh bagian belakang akan “ambles” mirip grand livina tetapi lebih parah, bahkan fender roda belakang tenggelam, daihatsu mengklaim tidak ada masalah, karena kerja suspensi sudah diset sedemikian rupa.
Pun dengan kualitas plat body yang digunakan, banyak yang menyayangkan tipisnya plat yang digunakan, akan tetapi jika melihat harganya hal itu memang wajar, no body car is perfect.
Konsumsi bbm nya pun terasa irit, 1 liter bbm di dalam kota Sigra bisa menempuh sampai 14-15 km, dan akan bertambah irit jika digunakan berjalan konstan di tol/luar kota dengan angka 16-20 km/L/

Harga Jual
Harga jual daihatsu Sigra dimulai dari 107 jutaan untuk varian terendah dengan mesin 1000cc, sampai paling mahal ada di 148 jutaan dengan mesin 1200cc transmisi otomatis. Untuk harga bekas tidak banyak informasi yang di dapatkan , karena mobil ini belum genap berusia 1 tahun.

1.0  Tipe D M/T -> 107 juta
1.0  Tipe M M/T -> 116 juta
1.2 Tipe X M/T -> 125 juta
1.2 Tipe X Deluxe M/T -> 131 juta
1.2 Tipe X A/T -> 137,7 juta
1.2 Tipe X Deluxe A/T -> 143,2 juta
1.2 Tipe R M/T ->131 juta
1.2 Tipe R Deluxe M/T -> 134,5 juta
1.2 Tipe R A/T -> 144 juta
1.2 Tipe R A/T Deluxe -> 148 juta

Kesimpulan
Sigra memang bukanlah mobil yang sempurna, akan tetapi dengan harga yang tergolong murah berkat keringanan pajak akibat skema lcgc menjadikkannya masih sangat layak untuk dimiliki. Cocok untuk keluarga muda yang di gunakan di perkotaan, memang jangan mencari kualitas di mobil lcgc, tapi jika mencari kepraktisan, fungsionalitas, dan bejibunnya layanan perawatan Sigra layak untuk dipinang.

+ Irit
+ Murah
+ real 7 seater
+ Kabin lega
+ Banyak Varian
+ Banyak Pilihan Tipe

- Minim Pertamax
- Amblas saat full load
- Kualitas murahan
- Peforma pas-pasan 



No comments:

Post a Comment