lcgc pure 7 seater |
Daihatsu
Sigra adalah mobil mini mpv murah yang di produksi oleh Astra Daihatsu Motor
tahun 2016. Seperti halnya Avanza-xenia, ayla-agya, begitu juga dengan Sigra
yang juga merupakan kolaborasi dengan toyota. Strateginya pun hampir sama
dengan xenia-avanza maupun ayla-agya, dimana bentuk keduanya identik, akan
tetapi banderol daihatsu lebih terjangkau sedangkan seperti biasay toyota
memposisikan Calya lebih mahal dibanding Sigra, tentu dengan beberapa perbedaan
dan kelengkapan aksesoris.
Lahirnya
Daihatsu Sigra juga tidak terlepas dari permintaan pasar yang menginginkan
mobil murah kelas lcgc (low cost green car) tetapi dengan daya tampung yang
lebih besar yaitu 7 orang. Datsun adalah pemain pertama lcgc 7 seater dengan Go
+ Panca, meskipun begitu sebenarnya Go + panca bukanlah 7 seater murni, tetapi
lebih tepat di sebut 5+2, karena 2 seater bangku belakang sangat sempit jika
diisi oleh orang dewasa, bahkan remaja sekalipun.
Untuk
itulah di 2016 Daihatsu Sigra diperkenalkan pertama kali di GIIAS (Gaikindo
Indonesia International Motor Show), dan selang beberapa bulan sudah resmi di
jual di tanah air. Sigra yang secara harfiah berarti “respon cepat” (bahasa
Sansekerta) seakan adalah jawaban daihatsu untuk menghadapi datsun go + panca,
untuk itu Sigra di buat. Garis desainnya memang dari ayla yang di resize lebih
panjang, sehingga mampu memuat murni 7 orang penumpang.
Sebagai
mobil yang lebih terjangkau daripada Calya, tentu Sigra tersedia dalam berbagai
macam tipe dan 2 varian mesin, dimana tipe termurah menggunakan mesin 1000cc
dan tipe termahal menggunakan mesin 1200cc bukan lagi mesin 3 silinder yang di
bore up, akan tetapi mesin 1200cc 4 silinder basis yang sama seperti yang
digunakan toyota etios valco. Tidak hanya itu Sigra tersedia dalam 10 varian
trim kemewahan, dengan 2 pilihan mesin dan 2 pilihan transmisi manual 5 speed
atau matic 4 speed yang hanya ada di varian mesin 1200cc.
Dengan
harga yang bersaing, Sigra tidak hanya di gadang-gadang melengserkan Datsun
go+, akan tetapi juga mampu bersaing dengan mobil sekelas lain , tidak heran
semenjak di luncurkan Sigra bukan hanya menekuk angka penjualan Go+ tetapi
sudah mampu menyalip angka penjualan Xenia, yang bertahun-tahun konsisten di
posisi runner up di bawah Avanza.
Desain
Dan Interior
Secara
desain Sigra menganut garis desain yang lebih agresif dari pada pesaingnya,
dengan guratan lengkungan garis tajam di depan. Grill depan sudah beraksen
chrome (tipe menengah & tertinggi) dengan garis horizontal melengkung plus
dikombinasikan lampu model new daihatsu xenia menjadikannya lebih ganteng di
banding datsun go+ panca. Meskipun berbasis ayla tetapi dari depan lebih baik
dibanding ayla, belum lagi bumper depan plus foglamp yang berdesain shape
menyamping menambah aura kemewahan.
Beralih
ke bagian samping sampai ke belakang, garis desainnya sudah membuang jauh-jauh
ayla, bahkan cenderung mirip toyota all new kijang Inova versi kecil. Hal
tersebut bisa di lihat dari garis kaca tengah sampai ke pilar kaca belakang
yang menyempit tetapi tidak kecil, sehingga secara kasat mata saja seperti
Inova versi kecil.
samping ke belakang mirip all new kijang inova |
Pada
bagian belakang stoplamp yang digunakan bewarna merah kombinasi lampu sein
putih, keduanya dikombinasikan berbentuk huruh L terbalik ditambah list chrome
di atas dudukan plat nomor. Hanya bumper belakang terkesan cungkring/ kecil
menjadikkannya sedikit kurang pas, tetapi adanya sensor parkir 3 titik di
belakang menambah keamanan berkendara.
Beralih
ke dalam kabin, tampilan dashboar Daihatsu Sigra terkesan modern dengan
beberapa aksen lekukan di beberapa bagian dengan kombinasi warna hitam bahkan
di tipe tertinggi bagian samping kiri dashboar terdapat kombinasi warna silver,
bisa dibilang desain dashboard jauh melompat dibanding ayla sekalipun.
dashboard atraktif |
Kelengkapan
dashboard cukup atraktif, kali ini Sigra meletakkan tuas transmisi di dashboard
depan bersebelahan dengan stir, baik manual maupun otomatis letaknya sama.
Kemudian di tengah ada head unit single din, plus lubang ac depan di kanan-kiri
head unit. Sedangkan tombol ac masih model puter-puteran yang terletak di
sebelah kiri tuas tranmisi. Akan tetapi sesuai harga material yang digunakan
adalah plastik keras yang terkesan murahan.
Beralih
ke bagian pengemudi, konsol MID cukup lengkap ada Speedometer, Takometer,
Bensin, Plus indikator kondumsi bahan bakar, Stir yang di gunakan pada tipe
tertinggi sama seperti milik daihatsu xenia dengan model 3 spoke.
Beralih
ke jok depan yang masih minus headrest alias model menyambung seperti ayla,
kemudian beralih ke baris kedua dimana leegroomnya tergolong cukup lega plus
busa jok yang digunakan sedikit lebih tebal dibanding ayla, asyiknya lagi
posisi duduk bisa di geser maju-mundur, di baris ke dua ada headrest di kanan
dan kiri, sedangkan tengah nihil.
legroom |
Beranjak
ke baris ketiga, leegroom yang tersedia cukup sempit, tetapi lebih manusiawi dibandingkan
kompetitornya yakni datsun go+, penumpang di baris ketiga juga di sediakan
seatbelt 2 titik dengan opsi headrest pada tipe menengah dan teratas plus
cupholder di samping kanan dan kiri. Bagasi belakang Sigra tergolong cukup luas
dengan volume 260 liter cukup untuk memuat beberapa tas, mau lebih luas ? ,
bisa melipat bangku baris ketiga dan bagasi akan lebih luas dengan kapasitas
hingga 500 liter.
Blower
Angin/ Air Circulation
Daihatsu
Sigra tidak hanya dilengkapi AC single blower, akan tetapi di baris kedua terdapat
blower yang terletak di bagian atas. Blower ini bukan ac double blower, tetapi
kipas blower yang berguna mengarahkan hembusan angin dari ac depan ke bagian
tengah sampai ke belakang.
Mesin
Dan Peforma
Mesin
1000cc 3 silinder VVT-i adalah yang digunakan
pada tipe terendah (termurah) daihatsu Sigra dengan output daya 65 HP pada 6000
RPM sedang torsi yang dihasilkan 89 NM di 4400 RPM, mesin ini sama seperti yang
digunakan pada daihatsu ayla. Akan tetapi dengan body yang lebih bongsor plus
sudah pasti lebih berat menjadikan Sigra dengan mesin 1000 cc sangat lambat
dalam hal akselerasi.
sebaiknya pilih yang 1200cc |
Baru
di mesin 1200cc Sigra tampak di tidak terlalu lambat, karena mesin 1200cc sudah
berkonfigurasi 4 silinder yang keluaran tenaganya mencapai 89 HP pada 6000 RPM
plus torsi puncaknya mencapai 108 NM di 4200 RPM mesin ini 1200 cc ini adalah
mesin yang sama digunakan di Toyota Etios Valco, meskipun begitu dengan
konfigurasi 4 silinder getaran yang dihasilkan lebih minim, plus dengan
teknologi dual VVT-i menjadikannya lebih hemat
bahan bakar.
Transmisi
yang digunakan ada pilihan manual 5 speed dan otomatis 4 speed, khusus di sigra
mesin 1000cc hanya ada pilihan transmisi manual. Tenaga yang dihasilkan mesin
di salurkan ke roda depan.
Impresi
Dan Handling
Meskipun
berharga murah impresi berkendara daihatsu sigra terasa impresif, suspensinya
terasa lembut kerja bantingannya, hal itu karena pada bagian depan suspensinya
sudah independen, sedangkan bagian belakang semi independe. Bisa dikatakan
bantingannya lembut lebih baik dari xenia sekalipun, saat digunakan mengemudi
berkat pengaturan yang pas menjadikan body roll bisa di minimalisir.
kondisi full load |
Akan
tetapi masalah timbul saat di gunakan dengan muatan full 7 penumpang, dimana
sudah banyak yang mengeluh bagian belakang akan “ambles” mirip grand livina
tetapi lebih parah, bahkan fender roda belakang tenggelam, daihatsu mengklaim
tidak ada masalah, karena kerja suspensi sudah diset sedemikian rupa.
Pun
dengan kualitas plat body yang digunakan, banyak yang menyayangkan tipisnya
plat yang digunakan, akan tetapi jika melihat harganya hal itu memang wajar, no body
car is perfect.
Konsumsi
bbm nya pun terasa irit, 1 liter bbm di dalam kota Sigra bisa menempuh sampai
14-15 km, dan akan bertambah irit jika digunakan berjalan konstan di tol/luar
kota dengan angka 16-20 km/L/
Harga
Jual
Harga
jual daihatsu Sigra dimulai dari 107 jutaan untuk varian terendah dengan mesin
1000cc, sampai paling mahal ada di 148 jutaan dengan mesin 1200cc transmisi
otomatis. Untuk harga bekas tidak banyak informasi yang di dapatkan , karena
mobil ini belum genap berusia 1 tahun.
1.0 Tipe D M/T -> 107 juta
1.0 Tipe M M/T -> 116 juta
1.2
Tipe X M/T -> 125 juta
1.2
Tipe X Deluxe M/T -> 131 juta
1.2
Tipe X A/T -> 137,7 juta
1.2
Tipe X Deluxe A/T -> 143,2 juta
1.2
Tipe R M/T ->131 juta
1.2
Tipe R Deluxe M/T -> 134,5 juta
1.2
Tipe R A/T -> 144 juta
1.2
Tipe R A/T Deluxe -> 148 juta
Kesimpulan
Sigra
memang bukanlah mobil yang sempurna, akan tetapi dengan harga yang tergolong
murah berkat keringanan pajak akibat skema lcgc menjadikkannya masih sangat
layak untuk dimiliki. Cocok untuk keluarga muda yang di gunakan di perkotaan,
memang jangan mencari kualitas di mobil lcgc, tapi jika mencari kepraktisan,
fungsionalitas, dan bejibunnya layanan perawatan Sigra layak untuk dipinang.
+
Irit
+
Murah
+
real 7 seater
+
Kabin lega
+
Banyak Varian
+
Banyak Pilihan Tipe
-
Minim Pertamax
-
Amblas saat full load
-
Kualitas murahan
-
Peforma pas-pasan
No comments:
Post a Comment